Wednesday 16 November 2011

Resensi Novel : 5 CM

Setelah sekian lama aku nggak nongol, nggak posting, nggak blogwalking karena harus bertapa untuk mendapat secercah ilmu....
akhirnya aku bisa posting lagi.

Postingan kali ini, aku mau ngebahas soal novel "5 CM" nya Donny Dhirgantara.
kebetulan kemarin temen sekelas aku bawa, terus aku pinjem aja soalnya udah lama pengen baca buku ini.
Dengan speed baca yang lumayan, 381 halaman buku ini aku sikat kurang dari 6 jam.
Oke langsung aja ya aku kasih data singkat mengenai buku ini...

picture from google.com


Judul Buku : 5 CM
Penulis : Donny Dhirgantara
Penerbit : PT. Grasindo
Tahun terbit : 2007
Tebal Buku : 381 halaman

Buku ini nyeritain tentang 5 orang sahabat yang udah deket banget dari SMA. Mereka adalah Arial, Riani, Genta, Zafran, dan Ian. Mereka berlima punya prinsip yang sama dan saling melengkapi satu sama lain.

1. Arial
    Arial adalah laki-laki yang tegas dan berwibawa, dengan badannya yang atletis dan wajahnya yang rupawan, ia dijuluki "Rambo" oleh teman-temannya. Ia memiliki seorang kembaran yang bernama Arinda atau Dinda.

2. Riani
    Riani merupakan satu-satunya wanita dari 5 bersahabat tersebut. Riani paling suka sama kuah indomie apapun itu rasanya. Ia baik hati dan disukai oleh teman-temannya, terutama Genta.

3. Genta
    Genta adalah laki-laki yang santai dan paling tenang diantara mereka berlima. Ia adalah teman yang paling enak diajak curhat dan paling suka menemani teman-temannya melakukan aktivitas mereka.

4. Zafran
    Zafran adalah mantan mahasiswa desain yang suka bersyair. Diantara mereka berlima, Zafran adalah orang yang paling "nyeni". Badannya kurus sehingga sering dipanggil "Kapur Tulis SD" oleh teman-temannya. Ia suka sekali membuat syair dan menyatu dengan alam.

5. Ian
    Ian merupakan satu-satunya dari mereka yang masih kuliah. Indomie adalah makanan kesukaannya. Badannya gemuk, sehingga kerap dipanggil "Kasur Air" oleh teman-temannya.

Novel ini menceritakan bagaimana mereka sangat dekat dan bersahabat sudah sejak lama. Namun, mereka memutuskan untuk berpisah sementara untuk melihat dunia diluar mereka berlima. Mereka memutuskan untuk berpisah selama 3 bulan dan menjalani kehidupan masing-masing tanpa saling berhubungan sedikitpun.
Setelah 3 bulan, mereka berkumpul kembali dengan sesuatu yang baru. Mereka bersama-sama mendaki puncak Mahameru dengan segala rintangan yang menerpa. Banyak pelajaran yang mereka petik selama pendakian dan perjalanan dari Jakarta menuju Malang. Ketika mereka bertemu dengan ibu-ibu penjual nasi di stasiun Lempuyangan, bertemu dengan supir angkot yang gila bola, bahkan ketika Zafran dan Ian bertemu dengan arwah mahasiswa yang meninggal di gunung Mahameru.
Donny Dhirgantara mengemas novel ini dengan campuran komedi namun tetap serius. Buku ini sarat akan nilai persahabatan dan nasionalisme. Walau begitu, tak ada gading yang tak retak. aku masih menemukan beberapa bab yang terkesan sedikit membosankan dan kesalahan ejaan atau penyebutan nama. Namun, secara keseluruhan, buku ini cukup berkualitas dan sudah layak untuk menjadi buku best seller.

Oke, kayaknya cukup ya resensi dari aku tentang "5 CM". Semoga aja bermanfaat dan bisa jadi referensi buku untuk kalian beli.
Salam,

10 comments:

  1. gue udah baca nih buku udah dari beberapa taun yang lalu. emang top banget dah 5cm. sedikit sih yang gue inget. yang jelas banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari novel tersebut.tokoh favorit gue ARIAL #eaa dia macho abis muaheuheu

    "percaya pada 5 cm di depan keningmu"

    ReplyDelete
  2. aku kira 5 cm itu non fiksi hehe .__. belum sempet baca.


    makasih reviewnya. keep posting :)

    ReplyDelete
  3. hah ? kurang dari 6 jam baca segitu ? mantaaaaaaf laaaah !!!

    ReplyDelete
  4. Saya belum baca nih 5CM, saya kira cerita tentang pengukuran jalan, haha
    Salam blogging...

    ReplyDelete
  5. gue punya bukunya :D en dulu lu minjem ke gw :D inget kagak? wkwk

    "Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bisa memberi manfaat bagi orang lain."

    ReplyDelete
  6. duh belum sempet beli dan baca.
    emang udah terkenal bagus tuh novel.
    \m/
    bener kamu bacanya kurang dari 6 jam? sadissss :D

    ReplyDelete
  7. Ih. Gila put!! Mbacanya 6 jam. Tp bgus deng.

    #blm mbca. :p

    ReplyDelete
  8. kunjungan sob ..
    salam sukses selalu ..:D

    ReplyDelete
  9. saya blum pernah bacanya :(
    aku tak punya uang.. kwwkkwk

    ReplyDelete