Friday, 29 July 2011

Peace, Definisi dan Arti Lambangnya

ada yang pernah tau lambang ini?




lambang ini merupakan lambang dari "peace" atau perdamaian.
Nah, sebelumnya gue juga sempet bingung. kenapa kok banyak orang pake lambang ini di twitter.

Mau nanya, takut diledekin. mau search di google, kok lupa terus *pemikunan dini*
akhirnya, karena tadi sore iseng-iseng gue search tentang arti simbol peace.
awalnya maksud gue simbol peace yang ini




tapi, malah dapet simbol yang selama ini selalu gue pertanyakan :D
Nah, biar sekalian, gue bahas aja langsung di sini. cekidot gan!


Bismillahirrohmanirrohim!

Mungkin banyak orang yang pernah tau lambang ini ---> ☮
dan tau juga kalo itu maksudnya "peace" atau perdamaian.
gak kayak gue...

tapi, pada tau gak? kenapa kok bisa lambang ini yang dipake untuk melambangkan perdamaian?
Nah, postingan gue kali ini mau ngomongin tentang asal mula lambang ini nih.

sebelumnya, pengen tau kan tentang definisi "peace" yang sebenarnya?

Peace menggambarkan sebuah masyarakat atau hubungan yang harmonis dan beroperasi tanpa konflik kekerasan. Perdamaian secara umum dipahami sebagai tidak adanya permusuhan, atau adanya hubungan interpersonal atau internasional sehat atau baru sembuh, keselamatan dalam hal kesejahteraan sosial atau ekonomi, pengakuan kesetaraan, dan keadilan dalam hubungan politik. Dalam hubungan internasional, damai merupakan tidak adanya perang atau konflik. -Kaskus


sedangkan lambang ☮ ini digunakan sebagai lambang dari "peace" karena ini merupakan lambang pelucutan nuklir.
Lambang ini yang bikin pertama kali adalah Gerald Holtom pada tahun 1958.
gak tanggung-tanggung, dia itu lulusan Royal College of Arts loh.
simbol ini merupakan kombinasi semafor dari perintah pelucutan nuklir.
lihat gambar ini ajadeh biar lebih jelasnya



Gue juga sempet baca kalo lambang ☮ ini merupakan lambang anti-Kristen dan Satanisme.
Tapi gue gak mau bahas soal itu deh. takut menyinggung SARA.
kalo pada mau tau, silahkan googling sendiri aja yaaw.

Salam, ^^

6 comments:

  1. nice post. aku baru tau nih,.
    eniwei, salam kenal ya:)

    ReplyDelete
  2. makasih. iya, salam kenal juga :)

    ReplyDelete
  3. ini lambang2 pramuka nggak ya? XD *pernah liat soalnya dibuku pramuka sewaktu SMP* hehe..

    ReplyDelete
  4. @chilfia kalo9 semaphore nya iya. tapi kalau lambang "peace" nya sendiri kayaknya enggak deh. hehe
    makasih udah kunjung :)

    ReplyDelete
  5. kok mirip kaya' lambang di pelem HarPot yak ? apa bukan ?
    #ngenes

    salam saya ^^v

    ReplyDelete
  6. @farid wadooh, harpot keberapa neh? jangan bilang yang baru heboh dimana2 itu yaa. gue galau parah *curcol* -_-
    makasih ya udah mau kunjung :)

    ReplyDelete